Kamis, 08 November 2012

CARA MEMANDIKAN ATAU GROOMING KELINCI....


Untuk menjaga kebersihan kelinci kita,alangkah baiknya perlu dimandikan agar badannya bersih dan terbebas dari penyakit kutu atau tungau. Dengan mandi dan grooming,bulu kelinci akan tumbuh dng baik dan terawat. Berikut beberapa peralatan yg digunakan untuk proses grooming dan memandikan kelinci :

1. 2 buah bak mandi (bisa ember besar).
2. Peralatan keramas.
3. Shampoo.
4. Hair dryer dan handuk bersih.
5. Sisir. 
6. Bedak.
7. Cadangan air hangat.
8. Cotton bud,Baby oil dan gunting kuku.


PENTING..!! Kelinci yg bisa dimandikan adlh kelinci yg telah berumur 3 bulan atau lebih. Kalau belum cukup umur jangan dimandikan dulu,karena struktur tubuhnya belum sempurna. Yg trpnting saat melakukan Grooming atau mandi,keadaan kelinci harus dipastikan sehat.

Beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam memandikan kelinci :
1. Jangan memaksa kelinci yg tidak mau mandi.
2. Sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi.
3. Gunakan shampoo bayi atau shampoo kucing.
4. Jangan merendam kelinci yg belum biasa mandi.
5. Air jangan sampai masuk ke hidung atau telinga.
6. Keringkan segera setelah mandi.

 Proses grooming dan mandi pada kelinci adlh sbb..:


1. SEDIAKAN AIR HANGAT.


- Siapkan 2 bak air hangat,untuk mandi dan bilas.. Bisa pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. kondisi air harus hangat2 kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci.

2. BASAHI KELINCI.



Masukan kelinci dalam bak mandi,arahkan kelinci membelakangi anda..agar tidak mencakar seandainya memberontak. Usapkan air hangat dari arah belakang ke arah depan. Usap rambut,agar air hangat meresap sampai kulit. Sebelumnya tutup kuping kelinci dng kapas agar tidak kemasukan air.

3. KERAMAS DENGAN SHAMPOO.



- Angkat kelinci dari bak untuk keramas,letakan diatas perlak bayi..usapkan shampoo merata disekujur tubuh. Agar merata shampoonya,pijat sampai kekulit tubuh.Usap bagian yg kotor dan susah dijangkau.. Misalnya telapak kaki,sekitar anus dan daun telinga.

4. BILAS SAMPAI BERSIH.

- Masukan kelinci kembali kedalam bak,untuk dibilas. Guyur dengan air hangat,pelan2 sembari mengusap rambut dan kulit dng tangan. Pindahkan kedalam bak bilas yg sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang2. Lakukan sampai shampoo benar2 bersih dari rambut dan kulit.

5. ANGKAT DAN KERINGKAN.



- Setelah bersih,angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering.. Lalu rambut dikeringkan dengan Hair dryer sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering..trmasuk bagian perut,lipatan kaki dan telinga.

6. BERSIHKAN KUKU DAN TELINGA.



- Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud,caranya : basahi cotton bud dng baby oil,lalu bersihkan lubang telinga dng lembut. Rapikan kuku dng pemotong kuku,pemotongan bisa sebelum mandi.

7. TABURI BEDAK.



- Potong rambut bagian tertentu,misalnya sekitar anus..agar tdk trkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tdk mengganggu gerak. Agar aromanya wangi,taburkan bedak.. Setelah semua beres,berikan makan untuknya. Usai mandi,nafsu makan kelinci luar biasa....


Salam Rabbit Lovers.....................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar