Selasa, 06 November 2012

Bahaya Musim Hujan Untuk Kelinci

                                                         



BAHAYA MUSIM HUJAN UNTUK KELINCI.. Musim hujan datang lagi,musim yg ditakuti banyak peternak kelinci. Kenapa saya mengatakan ini?? Karena dimusim inilah,biasanya banyak kelinci mati. Baik yg sudah besar khususnya bagi yg masih berumur 2 bulan kebawah.
Penyebabnya banyak,namun kebanyakan disebabkan oleh KEMBUNG dan MENCRET. Hujan yg lebat dan angin yg kencang,sangat berpengaruh pada kesehatan kelinci. Secara umum penyakitnya disebut dengan  Enteritis Kompleks.
Gejala dari penyakit ini adalah kelinci terlihat malas,kalau berdiri suka membungkuk,perut kembung,nafsu makan turun,mata terlihat sayu,kotorannya encer dan berbau tidak sedap serta lendir menggantung didubur. Dan sering kita lihat kelinci mengkerotkan giginya karena menahan sakit. Bahaya jika dibiarkan!! karena akan menyebabkan kematian bagi kelinci.

CARA PENANGGULANGANNYA  :

Adalah dengan memberikan antibiotik yg dicampurkan di air minum atau makanannya,memperbanyak serat kasar,dan dapat pula dengan diberikan suntikan vitamin B12 atau B kompleks (0,5ml/kg berat badan kelinci)  namun ada yg lebih penting dari itu semua,yaitu menjaga kebersihan kandang. Udara yg basah dan lembab akibat musim hujan adalah faktor yg mempercepat kuman kuman untuk berkembang biak. Jadi kandang yg selalu terjaga kebersihannya merupakan salah satu kunci agar kelinci anda terbebas dari segala penyakit akibat musim hujan.....


Salam Rabbit Lovers...............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar