Minggu, 25 November 2012

Caecotrophs : Makanan bergizi kelinci

                                          caecotrohs (sebelah kiri yg seperti kumpulan buah anggur)

Kelinci memiliki 2 jenis feses yg keluar dari anusnya saat pembuangan setelah fermentasi dari ususnya. Feses kelinci yg pertama ialah jenis bulat hitam,keras agak gepeng dan bisa menggelinding. Sedangkan feses satunya ialah jenis lunak,kecil bergandengan dan lengket. Bentuknya coklat pekat mengkilap.

Caecotrophs sering dikatakan 'tinja malam' tetapi sesungguhnya ini adalah istilah yg menyesatkan,karena produksi caesotrop bisa pada siang hari. Pada beberapa teory ada yg mengtakan diproduksi lebih cepat dalam masa 4 jam dan ada pula yg mengatakan 8 jam setelah makan. Itu perbedaan yg tidak signifikan utk diperdebatkan. yg jelas caecotrophs ini bukan kotoran yg terbuang sia-sia dari proses pencernaan.
Caecotrophs sesungguhnya kaya nutrisi karena itu adalah bagian makanan yg tidak dicerna melalui sekum. Karena tidak selesai itulah,bagian gizinya keluar lalu dikonsumsi lagi oleh kelinci. Ini seolah2 menjijikan,tetapi jika kita tahu dan sadar membedakan antara tahi dlm pengertian barang yg terbuang dng tahi dalam pengertian bukan barang buangan..kita bisa memakluminya. 
Kelinci butuh pasokan nutrisi dari Caecotrophs untuk pemenuhan hajat gizi setiap waktu. Tanpa Caecotrphs,kelinci akan kurang gizi.. bahkan nafsu makan,birahi dan kekebalan tubuhnya bisa menurun drastis. Karena itu jng sampai kelinci anda tidak memakan Caecotrophs ini. Bahkan kelinci yg sakit pada pencernaanya rusak dan tidak dpt mengeluarkan caecotrophs,kelinci bisa diberikan caecotrophs dari kelinci lain untuk memulihkan staminanya.
Pada masa lewat 3 hari tanpa mengeluarkan caecotrophs diserati sakit,kelinci bisa mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar