Rabu, 04 Juli 2012

TIPS MEMBELI KELINCI & MEMELIHARA BAGI PEMULA




                       Bercengkrama dng hewan yg satu ini sungguh sangat menyenangkan. Banyak kelucuan yg menggemaskan ditunjukan oleh hewan satu ini. Tetapi seringkali para pemula yg ingin memeliharanya menghadapi kendala2,sehingga membuat mereka enggan memelihara..karena menganggap kelinci mudah sekali mati.
                      Nah,disini ada sedikit bekal bagi kamu yg ingin memeliharanya,coba simak tips berikut ini :
1. Pilih kelinci yg anda suka dan tentukan tujuannya,apakah buat piaraan sehari-hari,breeding atau buat show.
2. Persiapkan kandangnya terlebih dulu beserta perlengkapannya (botol minum + tempat makanan). Sambil mempersiapkan kandang beserta perlengkapannya,cari tau keberadaan peternak dan cari info tentang reputasi peternak trsbut...agar anda mendapat kelinci yg bagus. Periksa kandang peternak,jika kandang mereka jorok/kotor,maka anda patut curiga trhdp kualitas yg diberikan...knp??? Karena bagaimana kelinci yg bagus dan berkualitas apabila untuk kebersihan kandang saja sudah tdk diurus.
3. Belilah kelinci yg usia minimal 2bln..krn usia ini sudah cukup tahan. Jika beli sudah usia 4bln,sbaiknya dipisahkan antara jantan dan betina.
4. Periksa kesehatan kelinci secara seksama (bentuk tubuh,bulu) periksa bagian kuku,telinga,hidung  tidak terkena penyakit kulit. Bagian pantat harus terlihat bersih,tidak ada bekas diare,nafsu makan baik,telinga terasa hangat,hidung bersih. Cek fisik,apakah ada yg cacat.
5. Jika beli dalam kondisi hamil,tanyakan tgl kawinnya (lama hamil 30-32 hari). Tujuannya untuk bisa mempersiapkan kotak lahir dan penempatan tdk terlambat. Disarankan tdk membeli kelinci dalam keadaan hamil jika akan dibawa perjalanan jauh.
6. Sebaiknya membeli kelinci yg jelas indukannya agar terjaga kemurnian silsilah dan keturunannya dan mudah beradaptasi.
7. Tanyakan makanan apa yg diberikan selama di farm/kandang,untuk memudahkan adaptasi makanan ketika kita pelihara,
8. Ketahui makanan yg bisa menimbulkan gangguan kesehatan bahkan menyebabkan kematian pada kelinci,sehingga wajib dihindari dan perhatikan juga cara penyajiannya. (jangan sekali-kali memberi makanan dalam keadaan segar atau makanan yg diambil langsung dari almari es,pakan yg mengandung gas,pakan yg mengandung air)
9. Penyajian makanan/hijauan/rumput2an diupayakan dlm keadaan layu dan yg terpenting terbebas dari bakteri dan getah hijau2an/rumput/an.
10. Perhatikan jadwal makan dan takarannya. Selalu disiplin pd jam makan.
11. Selalu sediakan air untuk minum. Sebagian orang menganggap kelinci tdk butuh minum/air.. Itu adalah anggapn yg keliru dan menyesatkan. Bagaimanapun juga,kelinci adalah mahluk hidup..dan mahlik hidup butuh air dalam siklus kehidupannya.
12. Tempatkan kelinci pada tempat teduh..jngn terkena panas langsung..!! karena dpt menyebabkan dehidrasi bahkan kematian. Tempatkan kandang ditempat yg teduh dan tidak terkena angin secara langsung,terutama malam hari. Sebaiknya diberi tutup ketika malam tiba...dan ucapkan Good night... pada kelinci anda ketika akan tidur,bila perlu tunjukan gambar sasha grey,terra patrick...biar nyenyak tidurnya.. he...he..he...       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar