Selasa, 10 Juli 2012

KELINCI TIDAK MAU MAKAN.. ADA APA??

Pecinta kelinci baik yg sudah lama memelihara maupun pemula pernah mengalami kondisi seperti ini. Saya coba membuat coretan disini yg mudah2an bisa membantu para rabbit lovers... Coretan ini sepertinya perlu saya buat karena begitu seringnya saya mendapat pertanyaan dari teman2 penghobi kelinci. Kelinci yg biasanya ceria,makan banyak,tetapi tiba2 mengalami penurunan nafsu makannya bahkan ada yg sampai ekstrem dengan tidak menyentuh makanannya sama sekali. Penanganan yg harus dilakukan adalah dengan melihat apa penyebabnya terlebih dulu. Kondisi mogok makan kelinci,bisa disebabkan faktor STRESS,faktor psikologis,bosan dng menu makananya atau gejala penyakit.
Kita coba urai sedikit :
  1. FAKTOR STRESS. Lho koq bisa?? kelinci adalah hewan yg gampang sekali stress,yg diakibatkan oleh faktor eksternal (predator seperti kucing,anjing,bising seperti suara gaduh kucing yg minta kawin/berantem,suara gonggongan anjing,kondisi kandang) Stress jg bisa terjadi pd kelinci dalam perjalanan jauh. 
  2. FAKTOR PSIKOLOGIS. Kelinci tdk mau makan biasanya pd saat kehamilan tua atau menjelang beranak. Beberapa kelinci dlm 2-3 hari sebelum melahirkan akan tampak gelisah dan malas makan. Begitu juga sehabis melahirkan,biasanya 2-3 hari akan terjadi kondisi tidak mau makan.
  3. FAKTOR PENYAKIT.  Ada beberapa penyakit yg menyebabkan nafsu makan turun,seperti scabies yg sudah parah,furmate,cacingan. Kembung merupakan penyakit yg menakutkan bagi pemelihara kelinci,karena dpt menyebabkan kematian. Kondisi kembung ini terdeteksi dng gejala kelinci tdk mau makan,posisi badan selalu membungkuk menahan perut sakit,perut membesar. Penyakit lain adalah diare/mencret,kalau kelinci sudah dalam keadaan diare akut,makan terkadang hanya dalam hitungan saja,kelinci mati. Setelah pulih dari diarepun dapat menyebabkan kelinci malas makan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar