Jumat, 06 Juli 2012

KEMBUNG DAN DIARE / MENCRET PADA KELINCI

 Diare,kembung adalah bagian yg cukup merepotkan bagi penghobi dan peternak kelinci.. Karena pada saat itu dituntut perhatian ekstra bagi kelinci piaraan kita. Faktor pemicunya adalah pakan yg diberikan dan sanitasi kandang yg buruk. Hijauan yg bdiberikan untuk pakan kelinci harus dilayukan dulu. Pelayuan dimaksudkan supaya chlorophyl yg ada di hijauan/rumput2an menjadi tidak aktif..pelayuan biasanya +/- 6 jam,jadi tidak tergantung cuaca,bukan juga karena dijemur melainkan diangin anginkan. Pada saat pemberian hijauan,jangan diberi air minum...karena chlorophyl akan aktif kembali dan akan mengeluarkan gas dan membuat kelinci menjadi kembung.


Penyakit ini adalah faktor pembunuh nomor 1 bagi peliharaan kelinci jika tdk segera ditangani. Beberapa obat tradisional dan pabrikan sudah banyak tersedia,tetapi terkadang tdk juga efektif mengatasinya,bahkan berujung pada kematian. 
Cara penanganan :
  1. Pisahkan kelinci yg terkena mencret dari komunitas kandang.
  2. Ganti pakan rumput segar dan gantikan dng pakan konsentrat/pelet/polar.
  3.  Beri obat mencret. Kalau di farm kami,digunakan obat TRIMEZYN atau obat lain yg ada kandungan sulfa (boleh pakai entrostop atau diapet).
  4. Bisa jg menggunakan cara tradisional,yakni menggunakan daun pepaya atau daun pisang yg sudah dilayukan terlebih dulu..dan biasanya 2-3 hari,diare akan sembuh.
  5.  Bersihkan kandang dengan desinfektan untuk memutus rantai penyebaran bakteri ke kandang lain.
  6. Berdoa kpd Allah memohon kesembuhan..karena kesembuhan datangnya dari Allah.
  7.  Untuk kembung bisa diatasi dengan obat maag.. seperti waisan,promag dll..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar