Jumat, 06 Juli 2012

JENIS-JENIS KELINCI (2)

LOP (KELINCI BERTELINGA JATUH)



  Sesuai dngn judul diatas,kelinci jenis LOP mempunyai ciri2 telinga yg jatuh/menggantung ke bawah. Sepintas melihatnya,kelinci ini seperti kambing atau malah mirip dng puppy/anak anjing. Ciri2 yg lain dari kelinci jenis ini adalah memiliki badan padat dan kompak. Sekarang ini kita mengenal ada berbagai jenis dari kelinci lop ini..ini terjadi karena berbagai persilangan yg dilakukan oleh para breeder. Disini saya hanya akan menjelaskan jenis dari ras2 kelinci lop yg sudah terkenal dan diakui oleh beberapa organisasi kelinci di berbagai dunia.  


  • 1. ENGLISH LOP. Mungkin kelinci ini bisa dikatakan sebagai nenek moyang dari semua jeni ras kelinci lop yg ada. Mengapa saya sebut demikian?? Karena disalah satu naskah kuno hierogliph mesir ditemukan gambar dari kelinci lop ini. Jadi bisa dibayangkan sudah berapa lama kelinci lucu ini ada bukan? Nama ENGLISH LOP  sendiri diberikan oleh orang2 inggris setelah mereka mengembangkan jenis ini dan mengikutsertakan dalam kontes. Ciri2 dari kelinci jenis ini adlh telinganya yg sangat panjang dan tipis. Berat dari kelinci jenis ini adalah 4-4,5kg lebih. 
  • 2.HOLLAND LOP. Sejarah kelinci ini berawal dari belanda pd thn 1951. Merupakan persilangan dari Englis lop,french lop,netherland dwarf. Kelinci ini disempurnakan lagi thn 1970,yaitu untuk bobot badannya.. Ciri2 kelinci ini adalah memiliki kepala yg bulat,bermuka pesek,badan yg lebar,dada penuh serta telinga pendek menggantung. Sekilas kelinci ini mirip dng anjing dan sangat lucu sekali.
  • 3.AMERICAN FUZZY LOP. Ini dia yg lagi naik daun dan digemari para penghobis.. Merupakan persilangan dari holland lop dan frech anggora. Dikembangkan di america dan pertama kali diperkenalkan dlm konvensi ARBA pd thn 1985..dan mendapat pengakuan sebagai ras baru pd thn 1988. Ciri2 kelinci ini adalah mempunyai kepala yg lebar dan pesek,bulu woll yg lebat ditubuhnya,telinga pendek yg menggantung. berat standartnya 1,5-2kg.      

DUTCH 



Mungkin dari namanya,org akan mengira bahwa kelinci ini berasal dari BELANDA. Namun kenyataanya,kelinci ini pertama kali dikenal di INGGRIS pd thn 1864. Sebenarnya nenek moyang kelinci ini memang berasal dari belanda. Sejak sebelum thi 1830,belanda rutin mengeksport kelinci ke inggris untuk kebutuhan konsumsi.. Diantara berbagai jenis kelinci itu,terdapat satu jenis kelinci bernama petite brabancon. yg merupakan kelinci lokal dari daerah Brabant di flanders. sebagian kelinci ini mempunyai pola warna unik.


R E X ( RAJA KELINCI)




Nama REX sendiri berasl dari ucapan sang peternak yg mengatakan bahwa kelinci yg dibawanya adalah 'RAJA KELINCI' ( RABBIT KING ) yg mana bahasa latin 'king' adlh REX. Dalam perkembangan berikutnya,kelinciini terus menerus disempurnakan,baik itu untuk kualitas bulu maupun proporsi dan bentuk tubuhnya. Sekarang kita mengenal ada banyak warna yg diakui untuk jenis kelinci ini. Namun yg dikenal secara umum adalah emine (putih polos),hitam,biru,castor,otter.lilac,dan oranye. Awalnya kelinci rex adalah dikembangkan untu \k diambil FURnya atau bulunya,krn memang kualitasnya yg sangat bagus,namun belakangan ini kelinci rex jg menjadi binatang FANCY ( KESAYANGAN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar