Sabtu, 30 Juni 2012

Jenis-jenis kelinci

1. NETHERLAND DWARF
     Kelinci mungil ini memang lagi naik daun,barang sedikit permintaan meningkat.. Peluang seperti ini sering digunakan oleh pedagang2 kelinci untuk berbuat nakal atau curang. Supaya teman2 penghobi kelinci tdk tertipu oleh pedagang2 nakal,saya akan menerangkan sedikit tentang jenis kel;inci ND ini. Sesuai dng namanya,awalnya kelinci ini memang dukembangkan di BELANDA yaitu pd awal thn 1900an. Merupakan persilangan dari jenis POLISH warna putih dng kelinci liar. Tujuan persilangan ini adalah untuk menghasilkan kelinci2 mungil yg kaya akan warna. Saat ini ND menjadi salah satu jenis kelinci yg paling disenangi sebagai hewan piaraan diseluruh dunia termasuk indonesia tentunya. 
Ciri-ciri NETHERLAN DWARF :
  • Memiliki tubuh yg kompak,leher pendek,mempunyai kepala lebar dng profil melengkung. Telinganya kecil dan membulat diujungnya dng panjang sekitar 5cm. Bulu pendek dan lembut. Warna yg diakui untuk jenis ini banyak,antara lain : AGONTI,CHINCHILLA,BAJING,HITAM,BIRU,COKLAT,PUTIH,TAN,FOX dll... Berat tubuh antara 800gram - 1,2kg setelah dewasa.
  • Meskipun kecil,kelinci ND ini "TIDAK COCOK" bagi anak kecil,karena rata2 temperamen kelinci ini lumayan buruk. Bersifat penakut dan mudah tegang,sehingga menyebabkan kelinci ini menjadi sangat agresif bila dipegang. 
2. CALIFORNIAN.
     Jika dilihat sekilas,kelinci ini mirip sekali dengan jenis himalayan. Ciri-ciri pola warna ditubuh sama persis dengan jenis himalayan. Perbedaan pada kedua jenis ini adalah pada bentuk dan ukuran tubuhnya. Saat ini jenis CALIFORNIAN ini menempati "POSISI KEDUA TERPOPULER DI DUNIA" sebagai kelinci penghasil daging. Kualitas bulu yg bagus jg menjadikan CALIFORNIAN dpt dimasukan dalam jenis kelinci piaraan atau hobi.
 3.HIMALAYAN.
     Mungkin dari namanya,orang2 akan mengira bahwa kelinci ini berasal dari pegunungan himalaya. Tapi sebenarnya tdk ada yg tahu pasti darimana kelinci ini berasal. Memang di indonesia dan sebagian negara didunia menyebutnya dng nama HIMALAYAN. Namun tidak dari sebagian negara lainnya. Disebagian negara ini menyebutnya dengan nama; THE RUSSIAN,THE CHINESE,THE EGYPTIAN,THE BLACK NOSE dll. Kelinci ini sangat mudah dikenali dari ciri2nya yaitu : warna hidungnya hitam,telinga,ekor serta kaki dan tubuhnya berwarna putih salju,dan matanya berwarna pink. HIMALAYAN merupakan kelinci yg bersahabat sehingga cocok untuk dihadiahkan kepada anak-anak... Berat idealnya 1,5kg - 2,27 kg.

TO BE CONTINUED...... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar